Rabu, 07 Mei 2014

Membuat Koneksi ADB Menggunakan Wi-Fi


ADB (Android Debug Bridge) merupakan media komunikasi device Android ke device lain (kebanyakan PC) yang digunakan sebagai sarana pengembangan device Android. ADB biasanya digunakan dalam proses rooting, debugging aplikasi Android, dll.
Oke langsung saja saya mulai...
1. Pertama, hubungkan device Android ke PC menggunakan kabel USB. Pada tahap ini "USB Debugging" pada device Android harus diaktifkan terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya bisa diakses pada "Settings > Developer options > centang USB Debugging".
2. Buka aplikasi cmd atau terminal pada PC anda, lalu masuk ke folder platform-tools pada android-sdk PC anda. Lokasi folder platform-tools pada PC saya yaitu "C:\Users\Gallant\android-sdks\android-sdks\platform-tools", jadi saya hanya mengetikkan "cd C:\Users\Gallant\android-sdks\android-sdks\platform-tools".
3. Setelah itu ketikkan "adb tcpip 5555", jika sukses maka akan muncul pesan "restarting in TCP mode port: 5555".
  • Proses ini digunakan untuk mengaktifkan ADB TCP/IP pada device Android yang terhubung pada PC.
  • 5555 merupakan port yang digunakan untuk adb, jika nomor port tersebut telah digunakan oleh aplikasi lain, maka gunakan port lain.
4. Hubungkan PC dan device Android anda pada satu jaringan LAN (via Wi-Fi tentunya), bisa menggunakan Android tethering atau tether dari PC (untuk PC bersistem operasi windows silahkan klik tutorial ini).
5. Yang terakhir, ketikkan perintah "adb connect <ip address android>" pada cmd. Jika sukses maka akan muncul pesan "connected to <ip address android>:5555". IP address Android saya adalah 192.168.137.215, jadi saya mengetikkan "adb connect 192.168.137.215".
6. Tambahan, untuk melihat ip address Android anda dapat dilihat pada "Settings > About > Status".
7. Tambahan, berikut ini screenshot untuk proses nomer 3 dan 5.
Sekian dulu tips dan trik kali ini, see ya next time :D

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar