Senin, 21 Oktober 2013

Membuat Portable Hotspot menggunakan Command Prompt pada Windows7

Apakah sebelumnya anda pernah membuat portable hostpot di windows menggunkan connectify-me? Kalo iya pasti anda merasa kurang puas dengan connectify-me karena free version-nya memiliki fitur yang terbatas yaitu membuat hotspot tanpa membagikan koneksi internet yang dimiliki komputer/laptop anda. Agar mendapatkan fitur yang dapat membagikan koneksi internet pada connectify-me kita harus membeli lisensi full version-nya terlebih dahulu. Di sisi lain, kita sebagai anak muda sering kali malas dalam membeli software. Daripada kita meng-crack connectify-me agar full version yang mana membajak itu hukumnya dosa dan haram, lebih baik kita menggunakan cara yang lebih halal. Nah pada tutorial tips & trik kali ini saya akan memberitahu cara untuk membuat portable hotspot menggunakan Command Prompt (lebih detailnya menggunakan aplikasi netsh, yaitu apilkasi bawaan windows yang berbasis teks dan haris dioperasikan melalui command prompt). Okay, langsung saja cekidot!!!

1. Buka aplikasi command prompt atau cmd, caranya klik Start > All Programs > Accessoris > Command Prompt, atau klik Start lalu search "cmd".

2. Cek driver WLAN pada laptop anda apakah support digunakan sebagai hotspot atau tidak. Cari keterangan "Hosted Network Supported", apabila "Yes" maka driver WLAN laptop anda dapat dijadikan sebagai hotspot, apabila "No" silahkan anda ganti laptop terlebih dahulu :p.

3. Konfigurasi hotspot yang akan anda aktifkan dengan mengetikkan "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=passwordnya". Keterangan: silahkan ganti namahotspot dan passwordnya sesuai dengan nama hotspot dan password hotspot yang anda inginkan, untuk password hotspot minimal harus menggunakan 8 karakter.

4. Aktifkan hotspot yang sudah anda buat tadi dengan mengetikkan "netsh wlan start hostednetwork".

5. Bagikan koneksi internet laptop anda bisa berasal dari WiFi ataupun Modem, tujuannya adalah agar hotspot yang kita buat juga terhubung ke internet.
  • Masuk ke Network and Sharing Center pada Windows (klik Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center). Setelah masuk di network and sharing center silahkan bagikan koneksi internet anda caranya klik nama koneksi internet anda (pada contoh ini menggunakan koneksi dial up XL)
  • Lalu klik Properties dan pilih tab Sharing, beri tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer's Internet connection (apabila muncul dialog box silahkan klik oke saja), setelah itu pada bagian Home networking connection: pilih nama koneksi hotspot pada laptop anda (pada contoh ini namanya Wireless Network Connection 2), lalu yang terakhir dan paling utama yaitu klik OK
  • Apabila berhasil maka keterangan koneksi hotspot laptop anda yang sebelumnya no internet acces menjadi Internet
Sampai tahap 5 ini maka anda sudah memiliki portable hostpot pada laptop anda. Untuk menonaktifkan hotspot silahkan masuk ke command prompt lalu ketikkan "netsh wlan stop hostednetwork".


Sekian tutorial atau tips & trik dari saya, semoga dapat membantu, sampai jumpa di postingan berikutnya :D.

0 komentar:

Posting Komentar